Iklan

Rabu, 26 Juni 2024, 09:37 WIB
Last Updated 2024-06-26T02:45:50Z
bmkgjawa timurNewsperkiraan hujanRegionalsurabaya

Hari Ini Sejumlah Wilayah Jawa Timur Diguyur Hujan: Perkiraan BMKG Juanda

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Hari Ini Sejumlah Wilayah Jawa Timur Diguyur Hujan: Perkiraan BMKG Juanda


Langgampos.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sejumlah wilayah di Jawa Timur pada Rabu, 26 Juni 2024, hari ini. Berdasarkan data yang disampaikan oleh prakirawan BMKG Juanda, cuaca pada pagi hari ini diprediksi cerah berawan. Namun, jangan lengah karena hujan deras disertai petir diprakirakan akan terjadi pada siang hingga sore hari di beberapa wilayah seperti Malang, Batu, Lumajang, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Pada malam hari nanti, cuaca diperkirakan cerah dan berawan, namun masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa daerah. Sementara itu, pada dini hari nanti, cuaca diprediksi akan tetap cerah berawan dan berkabut.

Untuk suhu udara hari ini, BMKG Juanda memprediksi akan berkisar antara 14 hingga 34 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 50 hingga 100 persen. Angin dominan bertiup dari arah tenggara ke timur dengan kecepatan antara lima hingga 30 kilometer per jam.

Tidak hanya itu, BMKG Tanjung Perak juga memberikan informasi mengenai kondisi cuaca di wilayah perairan. Cuaca umumnya berawan dengan potensi hujan ringan di wilayah Perairan Kalimantan Tengah bagian timur, Laut Jawa selatan Bawean, dan Perairan Tuban-Lamongan. Arah angin didominasi dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur mencapai 18 knots (33 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jawa Timur mencapai 20 knots (37 km/jam).

Selain itu, ketinggian gelombang laut juga turut dipantau. Di Selat Madura, ketinggian gelombang laut berkisar antara 0,3 hingga 0,8 meter. Sementara itu, di Laut Jawa bagian timur, gelombang laut berkisar antara 0,5 hingga 1,3 meter, dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur berkisar antara 1,0 hingga 2,0 meter.

Dengan prakiraan cuaca yang telah disampaikan oleh BMKG Juanda ini, masyarakat diharapkan untuk selalu waspada dan mempersiapkan diri menghadapi perubahan cuaca yang mungkin terjadi. Bagi Anda yang berada di wilayah yang diprakirakan akan mengalami hujan deras disertai petir, sebaiknya menghindari aktivitas di luar rumah pada siang hingga sore hari ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, bagi para nelayan dan pengguna transportasi laut, informasi mengenai arah angin dan ketinggian gelombang laut ini sangat penting untuk diperhatikan demi keselamatan saat berlayar. Tetap pantau informasi cuaca terkini dari BMKG dan selalu prioritaskan keselamatan.

Jadi, jangan lupa untuk selalu membawa payung atau jas hujan jika berencana beraktivitas di luar rumah hari ini. Dengan informasi cuaca yang akurat dan terkini, kita bisa lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Semoga hari Anda menyenangkan dan tetap aman di tengah cuaca yang berubah-ubah ini.


(mn)


Source: 1
close