Iklan

Jumat, 21 Juni 2024, 19:23 WIB
Last Updated 2024-06-21T12:23:29Z
australiacall brin koneksiindonesiaNewspenelitian

Indonesia dan Australia Meluncurkan Skema Bantuan Pendanaan Penelitian

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Indonesia dan Australia Meluncurkan Skema Bantuan Pendanaan Penelitian


Langgampos.com - Pemerintah Indonesia dan Australia, pada hari Jumat, meluncurkan skema bantuan pendanaan untuk penelitian mengenai keberlanjutan keanekaragaman hayati laut yang disebut Joint Call BRIN-KONEKSI.

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Indonesia, Laksana Tri Handoko, menyatakan dalam upacara peluncuran bahwa pihaknya terbuka untuk bekerja sama dengan lembaga pendanaan global guna mendukung kegiatan penelitian.

"Skema pendanaan penelitian ini akan berjalan selama lima tahun ke depan," ujarnya di Jakarta.

Dalam skema ini, universitas, organisasi penelitian, organisasi pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan pelaku swasta dapat memperoleh pendanaan maksimal sebesar Rp1 miliar (US$61,1 ribu) untuk setiap proyek penelitian yang berkaitan dengan kesehatan, pangan, dan energi, selain keanekaragaman hayati laut.

"Topik penelitian yang diprioritaskan dalam program ini adalah keanekaragaman hayati laut, mengingat Indonesia dan Australia berbagi perbatasan maritim," tambahnya.

Selain meningkatkan alokasi pendanaan untuk kegiatan penelitian dan inovasi, Handoko menegaskan bahwa skema ini juga bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan interaksi antara peneliti Indonesia dengan mitra internasional.

Handoko menekankan bahwa sains, penelitian, dan inovasi merupakan komoditas universal yang memerlukan interaksi antarnegara untuk meningkatkan daya saing mereka di tingkat global.

Pejabat tersebut juga mencatat bahwa skema pendanaan ini menargetkan peningkatan hubungan strategis yang terjalin antara Indonesia dan Australia melalui kemitraan antara lembaga penelitian kedua negara.

Sementara itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams, menyatakan bahwa kedua negara telah berupaya memperkuat hubungan antarwarga dan kemitraan antar lembaga mereka untuk mewujudkan pembangunan yang inklusif, inovatif, dan berkelanjutan.

Williams juga berharap adanya peningkatan tingkat hubungan antara peneliti dan mahasiswa doktoral dari Indonesia dan Australia.

Peneliti yang berminat mendaftar untuk skema pendanaan ini dapat menghubungi cfpjointcallbrin@koneksi-kpp.id atau mengunjungi https://pendanaan-risnov.brin.go.id/ untuk mendapatkan informasi lebih rinci tentang skema tersebut.

Meningkatkan Kolaborasi Internasional dalam Penelitian

Peluncuran skema Joint Call BRIN-KONEKSI ini menjadi langkah signifikan dalam memperkuat kolaborasi internasional di bidang penelitian, khususnya dalam hal keanekaragaman hayati laut. Indonesia dan Australia, sebagai negara dengan kekayaan laut yang melimpah, memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga dan melestarikan ekosistem laut untuk generasi mendatang.

Fokus pada Keanekaragaman Hayati Laut

Keanekaragaman hayati laut menjadi fokus utama dalam skema pendanaan ini, mengingat pentingnya ekosistem laut bagi kedua negara. Penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menghasilkan solusi inovatif untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut, yang pada gilirannya dapat mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir dan meningkatkan ketahanan pangan serta ekonomi kedua negara.

Memperkuat Hubungan Strategis Indonesia-Australia

Skema pendanaan ini tidak hanya bertujuan untuk mendukung penelitian, tetapi juga memperkuat hubungan strategis antara Indonesia dan Australia. Melalui kemitraan yang erat, kedua negara dapat saling belajar dan berbagi pengetahuan untuk menghadapi tantangan global, seperti perubahan iklim dan penurunan kualitas lingkungan laut.

Mendukung Peneliti dan Inovator Muda

Salah satu aspek penting dari skema ini adalah dukungannya terhadap peneliti dan inovator muda dari kedua negara. Dengan memberikan akses terhadap pendanaan dan kesempatan untuk berkolaborasi dengan peneliti internasional, diharapkan akan lahir generasi baru peneliti yang mampu menghasilkan inovasi yang berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

Akses Informasi dan Pendaftaran

Peneliti yang tertarik untuk berpartisipasi dalam skema pendanaan ini dapat mengakses informasi lebih lanjut melalui situs web yang disediakan. Selain itu, dukungan administratif dan teknis juga tersedia untuk membantu peneliti dalam proses pendaftaran dan pelaksanaan proyek penelitian mereka.

Harapan untuk Masa Depan

Dengan diluncurkannya skema Joint Call BRIN-KONEKSI ini, diharapkan akan terjalin lebih banyak kolaborasi penelitian antara Indonesia dan Australia. Inisiatif ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi, solusi inovatif, dan penguatan hubungan bilateral yang lebih erat antara kedua negara.

Sebagai negara yang kaya akan sumber daya laut, Indonesia dan Australia memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian ekosistem laut global. Melalui kolaborasi penelitian yang didukung oleh skema pendanaan ini, kedua negara dapat menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

(mn)





Source: 1
close