Iklan

Sabtu, 29 Juni 2024, 08:30 WIB
Last Updated 2024-06-29T15:42:06Z
jawa baratNewsRegional

Inovasi Pengolahan Sampah Legok Nangka Bernilai Rp 4 Triliun

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Inovasi Pengolahan Sampah Legok Nangka Bernilai Rp 4 Triliun


Langgampos.com - Pembangunan Tempat Pengolahan dan Pemrosesan Akhir Sampah (TPPAS) Legok Nangka akan segera dimulai setelah Pemprov Jawa Barat dan konsorsium Jepang menandatangani kerjasama penting. Terletak di atas lahan seluas 82,5 hektare di Kabupaten Bandung dan Garut, fasilitas ini akan mengolah sampah dari Bandung Raya, Sumedang, dan Garut.

Proyek ini menggunakan teknologi ramah lingkungan waste to energy yang mampu menghasilkan listrik sebesar 40 megawatt dari 2.000 ton sampah per hari. Listrik yang dihasilkan akan dijual ke PLN. "Kami sedang menindaklanjuti proses finansial close dan persiapan dokumen untuk penjualan listrik dari PT JES kepada PLN," ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Prima Mayaningtiyas.

TPPAS Legok Nangka mencakup desain, konstruksi, pendanaan, pengoperasian, dan pemeliharaan fasilitas pengelolaan sampah dengan nilai investasi diperkirakan mencapai Rp 4 triliun. Tipping fee untuk fasilitas ini sebesar Rp 386 ribu per ton, dengan subsidi dari Pemprov Jabar mencapai 49 persen atau Rp 189.140 per ton.

Pemprov Jabar menargetkan harga jual listrik dari TPPAS Legok Nangka bisa mencapai USD cent 13,3/kWh. "Nilai investasi sekitar Rp 4 triliun. Dari penjualan listrik diharapkan disetujui di USD cent 13,3/kWh, serta mendapatkan tipping fee Rp 386 ribu per ton," jelas Prima.

Proyek ini diharapkan selesai pada tahun 2028, namun Pemprov Jabar berharap bisa lebih cepat untuk mengatasi masalah sampah di Bandung Raya. "Target kami adalah menyelesaikan proyek ini sebelum habisnya kapasitas di Sarimukti, sehingga Legok Nangka bisa segera digunakan," tutup Prima.

Dengan adanya TPPAS Legok Nangka, diharapkan masalah sampah di wilayah Bandung Raya, Sumedang, dan Garut dapat teratasi dengan solusi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.


(as)







Source: 1
close