Iklan

Selasa, 18 Juni 2024, 00:33 WIB
Last Updated 2024-06-21T09:35:44Z
kutipanlewis carrollSastra

Kebenaran di Balik Kutipan: "Orang dengan Pikiran Paling Sempit Tampaknya Memiliki Mulut Paling Lebar"

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Kebenaran di Balik Kutipan: "Orang dengan Pikiran Paling Sempit Tampaknya Memiliki Mulut Paling Lebar"


Langgampos.com  - Pada tanggal 26 Mei 2024, akun Facebook "Philosophical Rhythms" membagikan gambar yang memuat kutipan yang dikaitkan dengan Lewis Carroll, penulis terkenal dari buku "Alice's Adventures in Wonderland" yang diterbitkan pada tahun 1865. Kutipan tersebut berbunyi:

"Why is it that people with the narrowest of minds seem to have the widest of mouths?"

Postingan tersebut telah dibagikan lebih dari 3.600 kali dan mendapat lebih dari 6.900 reaksi pada saat artikel ini ditulis. Gambar dengan kutipan tersebut juga muncul di berbagai situs media sosial lainnya, termasuk di platform X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter).

Namun, kutipan tersebut tidak ditemukan dalam karya-karya terbitan Lewis Carroll, dan klaim ini dinilai sebagai "Misattributed" atau salah atribusi.

Penampilan daring pertama dari kutipan tersebut yang sama persis dengan yang ada di postingan Facebook tersebut tampaknya muncul pada tanggal 28 Februari 2011, dalam sebuah postingan di X oleh akun berbagi kutipan @TweetyQuote, yang tidak mengaitkan kutipan tersebut kepada penulis manapun.

Atribusi kutipan tersebut kepada Carroll pertama kali muncul sekitar dua tahun kemudian, dalam sebuah postingan di X pada tahun 2013.

Sejak tahun 2013, kutipan tersebut, termasuk atribusi kepada Carroll, telah muncul di sejumlah situs web populer yang berbagi kutipan seperti AZquotes, Minimalist Quotes, dan Quotefancy, serta dalam postingan di media sosial seperti Instagram dan Reddit.

Pencarian di database Google Books tidak menemukan contoh kutipan yang sama persis dalam buku apapun, baik yang ditulis oleh Carroll atau penulis lainnya.

Sejumlah kutipan yang sangat mirip telah beredar dalam bentuk cetakan sejak pertengahan abad ke-20. Pencarian frasa "a narrow mind and a wide mouth" menggunakan Google Books dan fitur pencarian teks penuh dari Internet Archive menemukan puluhan contoh variasi kutipan tersebut dalam majalah, buku lelucon, dan antologi kutipan. Dalam semua contoh ini, kutipan tersebut tidak diatributkan atau diatributkan kepada "Anonymous."

Petunjuk tentang asal usul pepatah ini muncul dalam sebuah edisi tahun 1958 dari "The International Mailer," sebuah majalah yang sebelumnya diterbitkan oleh International Mailer's Union. Untuk bagian "Thought for the Month," editor memilih kutipan berikut yang tidak diatributkan:

"A narrow mind and a wide mouth go together; narrow souled people are like narrow-necked bottles; the less they have in them, the more noise they make in pouring it out."

Meskipun bagian pertama dari kutipan tersebut, "A narrow mind and a wide mouth go together," tidak dapat diatributkan kepada penulis individu manapun, sisanya adalah parafrase dari kutipan oleh penyair Inggris, Alexander Pope.

Versi asli dari witticism Pope dimasukkan dalam "Thoughts on Various Subjects," yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1727. Kata-kata Pope berbunyi sebagai berikut:

"It is with narrow-souled people as with narrow-necked bottles; the less they have in them, the more noise they make in pouring it out."

Pada akhirnya, tidak ada bukti yang menghubungkan variasi kutipan ini tentang pikiran sempit dengan Carroll, meskipun banyak postingan di media sosial yang secara keliru mengkreditkan kutipan tersebut kepada penulis "Alice's Adventures in Wonderland."

Kami juga telah memeriksa fakta kutipan lain yang diatributkan kepada tokoh terkenal, termasuk apakah Abraham Lincoln pernah mengatakan, "It's not the years in your life that count; it's the life in your years."

Kesimpulan

Kutipan "Why is it that people with the narrowest of minds seem to have the widest of mouths?" yang sering dikaitkan dengan Lewis Carroll ternyata adalah salah atribusi. Meskipun banyak beredar di media sosial dan berbagai situs web kutipan, tidak ada bukti yang mendukung bahwa Carroll pernah mengatakan atau menulis kalimat tersebut. Kutipan serupa telah ada sejak pertengahan abad ke-20, tetapi umumnya tidak diatributkan atau diatributkan kepada "Anonymous." Kutipan tersebut mungkin berakar dari pepatah lama yang telah diadaptasi dan diubah sepanjang waktu.

Hal ini mengingatkan kita akan pentingnya memeriksa fakta sebelum mempercayai atau membagikan kutipan yang diatributkan kepada tokoh terkenal. Dengan begitu, kita dapat mencegah penyebaran informasi yang salah dan menjaga integritas karya asli para penulis dan tokoh tersebut.

(as)
close