Iklan

Jumat, 28 Juni 2024, 12:37 WIB
Last Updated 2024-06-28T05:37:33Z
Kisah

Kisah Empat Perempuan Berpengaruh di Masa Kejayaan Mataram Kuno

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Kisah Empat Perempuan Berpengaruh di Masa Kejayaan Mataram Kuno



Langgampos.com - Pada masa kejayaan Raja Mpu Sindok di Kerajaan Mataram Kuno, terdapat empat perempuan yang memegang peran penting dan memiliki jabatan tinggi. Mereka adalah Sri Prameswari, Rakryan Binihaji, Samgat Anakbi, dan Ibu Ni Paduka Sri Maharaja.

Sri Prameswari adalah permaisuri Raja Mpu Sindok. Namanya tercatat dalam perintah untuk menetapkan tanah di Demak sebagai Sima, yang menunjukkan pentingnya peran permaisuri dalam pengambilan keputusan kerajaan. Dalam Prasasti Cunggrang II tahun 851 saka, Sri Prameswari juga terlibat dalam pemeliharaan Sang Hyang Prasada Silulung, tempat suci ayahnya, Rakryan Binihaji Dyah Kebi.

Rakryan Binihaji merupakan istri raja yang bukan permaisuri atau selir, namun kedudukannya setara dengan permaisuri dan putra mahkota. Dalam Prasasti Airlangga, Rakryan Binihaji Rakryan Mangibil dikenal memerintahkan pembangunan bendungan di tiga desa, yaitu Desa Kahulunan, Wewatan Wulas, dan Wewatan Tamya. Ia juga berperan dalam menjaga kelestarian alam dengan melarang siapa pun mengusik ikan di bendungan, memungkinkan rakyat mengambil ikan siang dan malam.

Ibu Ni Paduka Sri Maharaja adalah ibunda Raja Mpu Sindok. Namanya disebut dalam Prasasti Jayapattra yang menegaskan status hukum Desa Waharu sebagai desa perdikan. Peranannya menunjukkan betapa pentingnya pengaruh seorang ibu raja dalam memastikan keberlangsungan hukum dan ketertiban di desa-desa kerajaan.

Terakhir, Rakryan Anakbi dan Samgat Anakbi adalah dua perempuan yang juga memegang jabatan penting. Dalam Prasasti Sarangan, keduanya disebut di antara para Rakai dan Samgat, yang menunjukkan bahwa perempuan juga dapat mencapai posisi tinggi dalam struktur pemerintahan kerajaan.

Keempat perempuan ini tidak hanya menunjukkan kekuatan dan pengaruh perempuan di masa Mataram Kuno, tetapi juga bagaimana mereka turut serta dalam pembangunan dan kebijakan kerajaan, membawa Kerajaan Mataram Kuno mencapai kejayaannya. 


(nh)
close