Iklan

Senin, 03 Juni 2024, 21.12 WIB
Last Updated 2024-06-07T15:55:26Z
Advertorialbupati fauzi wongsojudobupati sumemepdprd sumenephamid ali munirpemkab sumenepsumenep

Konsistensi DPRD Sumenep Patut Diapresiasi: Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Tuntas Tepat Waktu

Baca Juga
Advertisement
Konsistensi DPRD Sumenep Patut Diapresiasi: Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023 Tuntas Tepat Waktu



Langgampos.com - Meski masa jabatan Anggota DPRD Kabupaten Sumenep periode 2019-2024 hampir usai, semangat DPRD Kabupaten Sumenep tidak surut sedikit pun. Di bawah kepemimpinan Ketua DPRD, H. Hamid Ali Munir, SH, konsistensi dalam menjalankan tugas sangat terlihat. Salah satu buktinya adalah keberhasilan penyelesaian pembahasan Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023 tepat waktu.

Pada tanggal 3 Juni 2024, DPRD Kabupaten Sumenep mengadakan rapat paripurna untuk menyampaikan Laporan Badan Anggaran terkait hasil pembahasan Raperda tersebut. Rapat ini dihadiri oleh pimpinan dan anggota DPRD, Anggota Forkopimda, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH, serta seluruh pimpinan OPD yang diundang.

Dalam rapat tersebut, Abu Hasan, SH, sebagai juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Sumenep, membacakan laporan Banggar dengan suara tegas dan lantang. Laporan tersebut mengandung dua saran penting untuk Pemerintah Kabupaten Sumenep yang memerlukan perhatian serius:

1. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD): Banggar menekankan perlunya peningkatan penerimaan PAD guna menciptakan "Kemandirian Keuangan Daerah". Hal ini dapat dicapai dengan terus melakukan kreasi dan inovasi.

2. Perbaikan Perencanaan Anggaran: Perbaikan ini diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pengalokasian anggaran di masing-masing OPD. Khususnya, perhitungan anggaran belanja pegawai harus mempertimbangkan kebutuhan kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat, tunjangan tambahan, dan mutasi pegawai. Acress yang diperhitungkan maksimal 1% untuk OPD dengan jumlah belanja besar dan 2% untuk OPD dengan jumlah belanja kecil.

Usai pembacaan laporan Banggar dan penandatanganan berita acara, Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan sambutan akhir. Dalam sambutannya, ia mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh anggota DPRD yang telah memberikan pendapat dan pandangan mereka terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2023. Bupati Fauzi menekankan bahwa saran dan harapan yang disampaikan merupakan masukan berharga untuk penyempurnaan, baik dari sisi penyusunan, pelaksanaan, maupun pengawasan, serta menjadi bahan acuan untuk penyusunan APBD di tahun-tahun mendatang.

Dengan terselesaikannya pembahasan Raperda tepat waktu, DPRD Kabupaten Sumenep di bawah kepemimpinan H. Hamid Ali Munir menunjukkan komitmen dan tanggung jawab yang tinggi dalam menjalankan tugasnya. Hal ini membuktikan bahwa DPRD Sumenep tetap konsisten dalam bekerja demi kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah.

Prestasi ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga memberikan harapan bagi masyarakat bahwa pemerintah daerah mampu bekerja secara efektif dan efisien meskipun berada di penghujung masa jabatan. Keberhasilan ini diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan pada masa-masa mendatang, sehingga pembangunan di Kabupaten Sumenep dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh masyarakat.

Semangat yang ditunjukkan oleh DPRD Kabupaten Sumenep patut dijadikan contoh bagi lembaga-lembaga pemerintahan lainnya, bahwa dengan komitmen dan kerja keras, berbagai tantangan dapat diatasi dan tugas-tugas penting dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.


(mn)
close