Iklan

Rabu, 26 Juni 2024, 11:01 WIB
Last Updated 2024-06-26T04:01:30Z
kemendagrikorea selatanNasionalNewssmart governance

Kunjungan Kemendagri ke Korea Selatan untuk Pelajari Implementasi Smart Governance di Tingkat Nasional

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Kunjungan Kemendagri ke Korea Selatan untuk Pelajari Implementasi Smart Governance di Tingkat Nasional

Langgampos.com - Kunjungan Kementerian Dalam Negeri Indonesia ke Korea Selatan untuk Pelajari Implementasi Smart Governance di Tingkat Nasional

Pejabat dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri Indonesia melakukan kunjungan ke Korea Selatan untuk mempelajari cara meningkatkan implementasi smart governance di tingkat nasional.

Kepala BSKDN, Yusharto Huntoyungo, mengungkapkan bahwa kunjungan resmi ini merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk mengeksplorasi inovasi dan praktik terbaik terkait smart government yang diterapkan oleh pemerintah Korea Selatan.

"Kunjungan ini menandai tonggak penting dalam perjalanan kami menuju implementasi smart governance yang lebih tinggi," ujarnya dalam pernyataan yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri di Jakarta pada Selasa, 25 Juni 2024.

Huntoyungo menekankan bahwa smart governance bukan hanya tentang pemanfaatan teknologi dalam pemerintahan — tetapi juga terkait dengan bagaimana sebuah administrasi melakukan transformasi mendasar dalam komunikasi publik dan pengelolaan sumber daya.

Implementasi smart governance yang lebih luas akan membantu Indonesia meningkatkan kualitas layanan publik secara signifikan, tambahnya.

Pejabat tersebut yakin bahwa implementasi smart government akan membantu pemerintah pusat dan daerah meningkatkan kinerja, merumuskan kebijakan yang tepat, mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, dan merespons perubahan dengan lebih efektif.

Untuk mengimplementasikan smart government secara nasional, Indonesia perlu mengejar kolaborasi lintas sektor dengan pemerintah, aktor swasta, akademisi, masyarakat, dan juga media, tambahnya.

"Kolaborasi semacam ini akan menghasilkan pertukaran akademik serta kerjasama yang lebih luas dalam manajemen dan perumusan kebijakan," lanjutnya.

Ia kemudian mengungkapkan harapannya bahwa kunjungan BSKDN ke Korea Selatan akan menginspirasi pemerintah untuk terus berupaya mengimplementasikan smart governance di seluruh negeri dan merumuskan kebijakan yang cerdas.


(as)






Source: 1

close