Iklan

Jumat, 28 Juni 2024, 11:20 WIB
Last Updated 2024-06-28T04:21:14Z
blitarNewsRegional

Maraknya Konsumsi Minuman Sachet dan Berenergi, Penyebab Gagal Ginjal di Blitar

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Maraknya Konsumsi Minuman Sachet dan Berenergi, Penyebab Gagal Ginjal di Blitar



Langgampos.com - Tingkat kasus gagal ginjal di Kabupaten Blitar semakin mengkhawatirkan, dengan penderita yang semakin muda setiap tahunnya. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar menunjukkan bahwa pada tahun 2024, terdapat 82 penderita gagal ginjal, dimana 54 di antaranya berada pada usia produktif, yakni antara 15 hingga 55 tahun. Hal ini menjadi perhatian serius karena sebagian penderita harus menjalani cuci darah secara rutin, baik bulanan maupun mingguan.

Peningkatan jumlah penderita gagal ginjal muda ini disinyalir terkait erat dengan pola hidup dan konsumsi minuman yang kurang sehat. Kebiasaan mengkonsumsi minuman sachet dan berenergi menjadi salah satu pemicu utama. Minuman sachet yang mengandung pewarna, pemanis, serta pengawet buatan, jika dikonsumsi rutin, dapat merusak fungsi ginjal. Hal yang sama berlaku untuk minuman berenergi yang mudah dijumpai di warung-warung sekitar.

"Tren sekarang itu kenapa penderita gagal ginjal semakin muda, didominasi oleh pola hidup yang salah. Konsumsi minuman yang banyak mengandung bahan 5P (pemanis, pengawet, penyedap, perasa, dan pewarna) membuat ginjal harus bekerja keras," ujar dr. Christine Indrawati, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Minuman berenergi, yang banyak dikonsumsi untuk meningkatkan stamina, ternyata memberikan dampak buruk pada ginjal jika diminum secara berlebihan dan terus menerus. Dr. Christine menekankan bahwa keseimbangan antara pola hidup, olahraga, dan istirahat sangat penting untuk mencegah terjadinya gagal ginjal.

"Setiap hari minum minuman berenergi atau minuman sachet secara berlebihan, apalagi tanpa dibarengi dengan pola hidup yang seimbang, dapat meningkatkan risiko gagal ginjal, terutama pada usia muda," tambahnya.

Sebagai langkah pencegahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengimbau masyarakat untuk memperbaiki pola hidup dan pola makan. Disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter per hari, guna menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi minuman sachet dan berenergi sebaiknya dibatasi dan tidak dilakukan secara terus menerus.

Masyarakat boleh mengkonsumsi minuman sachet dan berenergi sesekali, tapi jangan berlebihan dan jangan terus menerus dalam jangka waktu lama," tegas dr. Christine.

Tips Mencegah Gagal Ginjal:

  1. Batasi Konsumsi Minuman Sachet dan Berenergi: Hindari konsumsi minuman yang mengandung bahan 5P secara rutin. Pilihlah minuman yang lebih alami dan sehat.
  2. Perbanyak Minum Air Putih: Minum minimal 2 liter air putih setiap hari untuk membantu ginjal bekerja lebih baik.
  3. Jaga Pola Hidup Seimbang: Seimbangkan antara aktivitas fisik, istirahat, dan pola makan yang sehat. Hindari gaya hidup yang bisa membebani kerja ginjal.
  4. Pilih Makanan Sehat: Konsumsi makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Hindari makanan yang tinggi garam dan bahan pengawet.

Pola Hidup Sehat untuk Masa Depan Lebih Baik

Gaya hidup sehat menjadi kunci utama dalam mencegah berbagai penyakit, termasuk gagal ginjal. Mengubah kebiasaan buruk dan menggantinya dengan pola hidup sehat bisa memberikan dampak besar pada kesehatan jangka panjang. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar berharap, dengan adanya kesadaran dari masyarakat untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat, kasus gagal ginjal di usia muda dapat ditekan.

Dengan memahami bahaya dari kebiasaan mengkonsumsi minuman sachet dan berenergi secara berlebihan, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam memilih apa yang mereka konsumsi sehari-hari. Mari bersama-sama menjaga kesehatan ginjal dan meningkatkan kualitas hidup kita.


(as)



Source: 1
close