Iklan

Minggu, 23 Juni 2024, 15:02 WIB
Last Updated 2024-06-23T08:06:07Z
bitcoincryptocryptocurrencyEkonomi Bisnisharga bitcoinVideo

Mengapa Bitcoin Tidak Melonjak Saat Ini? Inilah Penjelasan Analis Crypto Terkemuka

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Mengapa Bitcoin Tidak Melonjak Saat Ini? Inilah Penjelasan Analis Crypto Terkemuka


Langgampos.com - Dalam sebuah video terbaru, Toby Cunningham, salah satu pembawa acara kanal YouTube Crypto Tips, membahas alasan di balik stagnasi harga Bitcoin yang berkisar di angka $65,000. Cunningham menjelaskan bahwa fase "crabbing" ini, di mana harga Bitcoin tetap stabil, telah memicu spekulasi tentang penyebabnya. Menurut Toby Cunningham, memahami faktor-faktor mendasar dapat memberikan kejelasan dan membantu membuat keputusan yang tepat.

Cunningham menunjukkan bahwa Bitcoin telah berada dalam kisaran ini selama sekitar 62 hari. Berdasarkan data historis, periode stagnasi ini mungkin akan berlanjut sebelum terjadi pergerakan signifikan. Beberapa pihak menyalahkan aksi jual Bitcoin oleh pemerintah Jerman atau investigasi regulasi terhadap perusahaan seperti Jump Trading sebagai penyebab utama. Namun, Cunningham menegaskan bahwa faktor-faktor ini bukanlah penggerak utama.

Elemen krusial yang memengaruhi harga Bitcoin, menurut analis crypto ini, adalah tingginya tingkat open interest yang menunjukkan adanya leverage besar dalam sistem. Cunningham menjelaskan bahwa selama empat bulan terakhir, leverage tetap tinggi, membuat pasar rentan terhadap manipulasi oleh pemain besar atau "whales." Dia percaya entitas-entitas ini bisa mempengaruhi pergerakan harga secara signifikan karena leverage yang mereka miliki.

Cunningham sering mengkritik Federal Reserve dan kendali mereka atas sistem keuangan. Dia menekankan bahwa Federal Reserve, sebuah badan yang tidak dipilih oleh rakyat, memiliki pengaruh besar atas penciptaan mata uang dan suku bunga.

Meskipun pasar saat ini stagnan, Cunningham menyoroti bahwa para whales cerdas sedang melakukan langkah besar. Dia memberikan contoh seorang whale yang baru-baru ini membeli 570 Bitcoin senilai lebih dari $430 juta, menunjukkan kepercayaan pada nilai jangka panjang Bitcoin. Aktivitas ini, menurutnya, menunjukkan bahwa meskipun sentimen pasar secara umum mungkin bearish atau tidak pasti, beberapa investor besar melihat ini sebagai fase akumulasi.

Cunningham mengacu pada analisis Kelly Kellam yang menyebutkan bahwa Bitcoin telah berada dalam kisaran pasca-halving ini selama 62 hari, dengan kisaran historis berkisar antara 40 hingga 150 hari. Cunningham memprediksi fase saat ini mungkin akan berlangsung lebih lama, mengingat uniknya pasar bull kali ini. Dia menyarankan para investor untuk tetap sabar dan fokus pada fundamental Bitcoin daripada terpengaruh oleh pergerakan harga jangka pendek.

Disclaimer

Pandangan dan opini yang disampaikan oleh penulis, atau orang yang disebutkan dalam artikel ini, hanya untuk tujuan informasi dan tidak merupakan nasihat keuangan, investasi, atau lainnya. Berinvestasi atau berdagang aset kripto membawa risiko kerugian finansial.



(mn

close