Iklan

Sabtu, 29 Juni 2024, 22:58 WIB
Last Updated 2024-06-29T15:58:46Z
jakartaNasionalNews

Menteri Perdagangan : Indonesia Siapkan Tarif Bea Masuk untuk Impor Pakaian dan Keramik

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Menteri Perdagangan : Indonesia Siapkan Tarif Bea Masuk untuk Impor Pakaian dan Keramik


Langgampos.com - Pemerintah Indonesia merencanakan penerapan tarif bea masuk sebesar 100% hingga 200% untuk sejumlah barang impor mulai dari alas kaki hingga keramik, sebagai bagian dari upaya untuk melindungi industri dalam negeri, demikian disampaikan oleh Menteri Perdagangan.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan bahwa rencana tarif bea masuk tersebut rata-rata lebih dari 100%. "Jika kita dibanjiri dengan barang impor, maka usaha mikro, kecil, dan menengah kita bisa mengalami kehancuran," ujarnya kepada wartawan pada hari Jumat.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara ini mengeluarkan regulasi pada akhir tahun lalu untuk memperketat pengawasan terhadap lebih dari 3.000 barang impor, mulai dari bahan baku makanan hingga barang elektronik dan kimia.

Namun, regulasi tersebut kemudian dibatalkan setelah industri dalam negeri mengkritik bahwa hal itu menghambat aliran bahan baku impor yang dibutuhkan oleh industri dalam negeri.

Tarif bea masuk ini akan segera diberlakukan dan diperkirakan akan berdampak pada impor barang seperti alas kaki, pakaian, tekstil, kosmetik, dan keramik, tambah Zulkifli.

Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia sedang melakukan investigasi untuk menetapkan besaran tarif bea masuk, kata pejabat senior Kementerian Perdagangan Budi Santoso pada hari Sabtu.

Data dari badan statistik menunjukkan bahwa Indonesia utamanya mengimpor pakaian dan aksesori dari China, Vietnam, dan Bangladesh.

Dengan penerapan tarif bea masuk ini, Indonesia berharap dapat meningkatkan perlindungan bagi industri dalam negeri sambil menjaga keseimbangan dengan kebutuhan akan bahan baku impor yang esensial bagi produksi domestik.


(as)


Source: 1
close