Iklan

Sabtu, 22 Juni 2024, 19:02 WIB
Last Updated 2024-06-22T12:02:15Z
aseanjakarta postkerja samamedia tiongkokNews

Pemimpin Redaksi Jakarta Post Ajak Media Tiongkok dan ASEAN Tingkatkan Kerja Sama

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Pemimpin Redaksi Jakarta Post Ajak Media Tiongkok dan ASEAN Tingkatkan Kerja Sama



Langgampos.com - Media memiliki peran penting dalam menjembatani kesenjangan budaya dan politik di tengah persaingan global yang semakin ketat. Hal ini disampaikan oleh Taufiq Rahman, Pemimpin Redaksi The Jakarta Post, dalam Forum Kerja Sama Media ASEAN-Tiongkok 2024.

Dalam wawancaranya dengan China.org.cn, Rahman menegaskan pentingnya tema forum, "Persahabatan dan Inovasi untuk Masa Depan Bersama," dalam mempromosikan narasi positif melalui platform media. "Media memainkan peran penting dalam menjembatani kesenjangan budaya dan politik," ujarnya. "Dengan persaingan global saat ini, semakin penting bagi kita untuk mempromosikan narasi positif melalui platform kita."

Rahman meyakini bahwa media dapat secara signifikan mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap hubungan internasional. "Media dapat berperan dalam memberikan perspektif, memberi tahu audiens bahwa kemakmuran Indonesia terletak pada kerja sama dengan Tiongkok," jelasnya. Sebagai contoh, ia menyebut proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang merupakan bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative).

Tidak hanya dalam bidang ekonomi, Rahman juga menyoroti pentingnya ikatan budaya antara Indonesia dan Tiongkok. "Pertukaran budaya harus lebih intensif," sarannya. "Pada tahun 70-an dan 80-an, film bela diri dari Tiongkok sangat populer di Indonesia." Ia berharap pertukaran budaya seperti ini dapat menumbuhkan saling pengertian dan penghargaan antara kedua negara.

Menanggapi kekhawatiran Indonesia terkait perkembangan pesat Tiongkok, Rahman mengajak semua pihak untuk bersikap terbuka dan kooperatif. "Kita harus mendekati pembangunan Tiongkok dengan pikiran terbuka dan mencari solusi yang saling menguntungkan melalui dialog dan kerja sama," tegasnya.

Rahman optimistis terhadap masa depan kerja sama media antara Tiongkok dan ASEAN. Dengan pendekatan dan komitmen yang tepat, ia yakin hubungan yang lebih kuat dan masa depan bersama di kawasan ini dapat terwujud.


(as)
close