Iklan

Minggu, 30 Juni 2024, 20:22 WIB
Last Updated 2024-06-30T13:29:42Z
bupati sumemepNewsRegionalsumenep

Pemkab Sumenep Raih Penghargaan BKKBN, Berhasil Turunkan Angka Stunting: Super Sekali!

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Pemkab Sumenep Raih Penghargaan BKKBN, Berasil Turunkan Angka Stunting: Super Sekali!


Langgampos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep kembali menunjukkan komitmennya dalam menurunkan angka stunting. Upaya ini mendapat apresiasi dengan penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI pada Rabu, 26 Juni 2024. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, dalam acara Gebyar Apresiasi Penghargaan dan Lomba Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang diadakan di PO Hotel Semarang, Jawa Tengah.

Penghargaan ini diberikan dalam kategori pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) subbidang keluarga berencana, yang mendukung program Bangga Kencana dan penurunan angka stunting. Pemkab Sumenep dinilai berhasil mengelola DAK dengan efektif, sehingga mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap penurunan angka stunting di wilayahnya.

Penurunan Angka Stunting yang Signifikan

Dalam beberapa tahun terakhir, Pemkab Sumenep menunjukkan hasil yang nyata dalam upaya penurunan angka stunting. Data menunjukkan, pada tahun 2022 angka stunting di Sumenep berada pada angka 21,6 persen. Angka ini berhasil diturunkan menjadi 16,7 persen pada tahun 2023. Pada tahun 2024, Pemkab Sumenep menargetkan angka prevalensi stunting hanya 14 persen.

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo menyatakan bahwa penurunan angka stunting merupakan salah satu fokus utama pemerintahannya. "Kami terus meningkatkan sinergi dengan berbagai pihak untuk memaksimalkan penanganan stunting. Pengelolaan DAK yang optimal menjadi salah satu strategi utama kami," ungkapnya.

Sinergi dan Kolaborasi untuk Menurunkan Stunting

Keberhasilan ini tidak lepas dari kerja keras dan kolaborasi berbagai pihak di Sumenep. Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim dan masyarakat yang telah berkontribusi dalam penurunan angka stunting. "Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras banyak pihak. Kami akan terus meningkatkan sinergi untuk menurunkan angka stunting lebih lanjut," tambah Fauzi.

Selain itu, Fauzi menegaskan pentingnya dukungan dari masyarakat dalam program penurunan stunting. Pemkab Sumenep telah melaksanakan berbagai program untuk mendukung keluarga sehat, bahagia, dan sejahtera. "Kami berharap seluruh pihak terus berinovasi untuk menyukseskan program-program yang ada," kata Fauzi.

Program Bangga Kencana di Sumenep

Dalam upaya mendukung pelaksanaan program Bangga Kencana, Pemkab Sumenep telah mengimplementasikan berbagai inisiatif. Program-program ini mencakup penyuluhan kesehatan, peningkatan akses gizi, serta pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan stunting. Program ini tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tetapi juga partisipasi aktif masyarakat.

Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo menekankan bahwa penghargaan yang diterima merupakan motivasi bagi Pemkab Sumenep untuk terus bekerja keras dalam menurunkan angka stunting. "Dengan penghargaan ini, kami berharap penanganan stunting di Sumenep semakin maksimal dan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat," ujar Fauzi.

Keberhasilan Pemkab Sumenep dalam menurunkan angka stunting menunjukkan bahwa dengan komitmen dan kerjasama yang kuat, tantangan stunting dapat diatasi. Penghargaan dari BKKBN ini menjadi bukti nyata bahwa upaya yang dilakukan oleh Pemkab Sumenep berhasil dan diakui di tingkat nasional.



(as)
close