Iklan

Iklan

,

Iklan

Pendiri PayPal Peringatkan Perjalanan Berliku: Pertanyakan Nilai Bitcoin

Minggu, 30 Juni 2024, 10:18 WIB Last Updated 2024-06-30T03:18:56Z
Pendiri PayPal Peringatkan Perjalanan Berliku: Pertanyakan Nilai Bitcoin



Langgampos.com - Peter Thiel, pendiri PayPal dan pendukung lama Bitcoin (BTC), baru-baru ini memberikan pandangan mengejutkan mengenai nilai Bitcoin. Dalam wawancara dengan CNBC yang disiarkan pada 28 Juni, Thiel mengungkapkan keraguannya terhadap proposisi nilai Bitcoin meskipun masih memegang "posisi kecil".

Keraguan Thiel Terhadap Bitcoin

Wawancara yang dilakukan selama Aspen Ideas Festival ini menampilkan Thiel mempertanyakan apakah Bitcoin benar-benar mencapai visinya yang mendasar. Dalam klip dua menit, Thiel mulai meragukan apakah Bitcoin bekerja seperti yang seharusnya.

Thiel menyoroti bahwa nilai Bitcoin seharusnya didasarkan pada prinsip-prinsip cypherpunk, crypto-anarchist, libertarian, dan anti-pemerintah terpusat. Namun, ia segera mempertanyakan apakah BTC benar-benar bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut.

“Apakah BTC benar-benar bekerja seperti itu? Atau apakah benang merah itu telah hilang? Jadi, ketika orang-orang di FBI memberi tahu saya bahwa mereka lebih suka penjahat menggunakan Bitcoin daripada uang kertas seratus dolar, itu menunjukkan bahwa mungkin, ini tidak bekerja seperti yang seharusnya,” kata Thiel dalam wawancara tersebut.

Perjalanan Bitcoin yang Berliku

Ketika membahas posisinya sebagai investor di Bitcoin, Thiel menunjukkan bias yang netral. Meskipun ia masih memegang posisi kecil di BTC dan tidak membeli sebanyak yang ia inginkan di masa lalu, Thiel meragukan harga Bitcoin bisa meningkat secara dramatis dari titik ini. Ia memperingatkan tentang perjalanan harga yang "berliku dan volatil".

“Saya tidak yakin BTC akan naik secara dramatis dari sini. Kita sudah mendapatkan penambahan ETF, dan saya tidak tahu siapa lagi yang akan membelinya dengan cepat dari sini. Saya masih memiliki posisi kecil, mungkin masih bisa naik sedikit tetapi itu akan menjadi perjalanan yang berliku dan volatil,” tambah Thiel.

Thiel juga mempertanyakan kembali nilai-nilai dasar Bitcoin, yang berdampak negatif pada persepsinya saat ini. Ia menyebutkan bahwa ia percaya pada masa depan komputasi yang terdesentralisasi, dan Bitcoin tampak seperti kendaraan sempurna untuk itu dalam waktu yang lama, namun ia kini jauh kurang yakin.

Kontroversi di Komunitas Bitcoin

Wawancara ini memicu kontroversi di komunitas Bitcoin, terutama di platform media sosial X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter). Akun pelaporan khusus Bitcoin, Pledditor, menyebut ada "usaha aneh oleh akun Bitcoin Twitter untuk memanipulasi wawancara Peter Thiel di CNBC."


Saat artikel ini ditulis, BTC diperdagangkan pada $60,000, berada di level dukungan kunci dari rentang harga empat bulan yang rendah. Selain itu, para penambang Bitcoin telah melakukan kapitulasi dengan tingkat penjualan yang dipercepat dan juga penurunan drastis dalam hashrate jaringan yang mengancam keamanan cryptocurrency tersebut, seperti dilaporkan oleh Finbold.

Sebaliknya, analis teknis dan pedagang Bitcoin terus meramalkan lonjakan besar untuk BTC dalam beberapa bulan mendatang.

Pandangan Akhir Thiel

Menutup wawancaranya, Thiel mengungkapkan kekhawatirannya bahwa Bitcoin bisa saja telah diambil alih oleh kekuatan keuangan tradisional. Pendapat ini semakin memperkuat pandangannya bahwa Bitcoin mungkin tidak lagi mewakili nilai-nilai desentralisasi yang awalnya ia percayai.

Wawancara Thiel ini memberikan pandangan yang menarik dan kontroversial mengenai masa depan Bitcoin, terutama di saat cryptocurrency ini menghadapi tantangan dan peluang yang signifikan. Bagi para investor dan penggemar Bitcoin, pandangan Thiel memberikan wawasan penting mengenai potensi dan risiko yang mungkin dihadapi dalam perjalanan Bitcoin ke depan.


(as)

News

Iklan

Terkini

News

close