Iklan

Rabu, 26 Juni 2024, 19:53 WIB
Last Updated 2024-06-26T12:53:46Z
jokowikalimantan tengahNasionalNewspertanianpompanisasipresiden jokowi

Presiden Jokowi Tinjau Sistem Pompanisasi Pertanian di Kalimantan Tengah

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Presiden Jokowi Tinjau Sistem Pompanisasi Pertanian di Kalimantan Tengah



Langgampos.com - Sampit, Kalimantan Tengah (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, pada hari Rabu untuk meninjau program instalasi pompa yang diterapkan di wilayah tersebut.

"Hampir semua negara terdampak oleh gelombang panas dan kekeringan berkepanjangan. Akibatnya, produktivitas pertanian dan padi menurun. Program pompanisasi ini bertujuan untuk mengantisipasi hal tersebut," kata Jokowi saat meninjau instalasi pompa di lahan pertanian di Desa Bapeang.

Program "pompanisasi" yang dipromosikan oleh Kementerian Pertanian bertujuan untuk meningkatkan Indeks Penanaman Tanaman Nasional. Dengan adanya program ini, masa tanam yang sebelumnya hanya sekali setahun kini bisa dilakukan dua hingga tiga kali setahun.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa program pompanisasi ini bertujuan untuk mengantisipasi gelombang panas yang diperkirakan akan melanda Indonesia dan berdampak pada produktivitas pertanian di tanah air.

Kepala negara menunjukkan bahwa gelombang panas ini tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di hampir semua negara. Beberapa negara yang sebelumnya mengekspor beras kini menghentikan ekspor komoditas tersebut untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri mereka sendiri.

"Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan gelombang panas akan terjadi mulai Juli hingga Oktober yang akan menyebabkan kekeringan, sehingga kita harus siap dan mengantisipasinya melalui pompanisasi," tegasnya.

Pompanisasi ini pada dasarnya bertujuan untuk membantu petani mengairi sawah. Meskipun terdengar sepele, namun ini memiliki dampak besar pada produktivitas pertanian.

Sawah di Desa Bapeang berada lebih tinggi dari sungai, sehingga air tidak bisa mengalir ke sana. Namun, dengan bantuan pompanisasi, petani di desa tersebut bisa mengairi sawah mereka bahkan selama musim kemarau. Dengan cara ini, petani dapat mempertahankan produktivitas mereka.

Melalui program ini, pemerintah bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan guna mengurangi ketergantungan pada impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.


(as)




Source: 1
close