Iklan

Sabtu, 01 Juni 2024, 15.00 WIB
Last Updated 2024-06-01T23:17:37Z
Foodtehteh anti peradanganteh jahe

Teh Ternyata Bisa Menurunkan Peradangan, Teh apa? Inilah Rekomendasi Ahli Diet

Baca Juga
Advertisement
Teh Ternyata Bisa Menurunkan Peradangan, Teh apa? Inilah Rekomendasi Ahli Diet



Langgampos.com - Dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan tantangan, seringkali kita mendambakan kenyamanan, penanganan masalah pencernaan, atau sekadar relaksasi. Secangkir teh bisa menjadi solusi ideal. Teh, minuman paling populer kedua di dunia setelah air, telah dikonsumsi selama berabad-abad. Berbagai jenis teh yang terbuat dari daun, akar, bunga, atau buah kering memiliki banyak manfaat kesehatan.

Salah satu manfaat utama teh adalah kemampuannya dalam menurunkan peradangan. Ada satu jenis teh yang menonjol berkat rasa yang khas dan sifat anti-inflamasi yang kuat. Teruslah membaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang teh terbaik untuk mengurangi peradangan dan cara memasukkannya ke dalam pola makan Anda.

Apa Itu Peradangan?

Peradangan adalah respons alami tubuh terhadap cedera atau ancaman. Misalnya, ketika Anda terluka atau berolahraga intens, tubuh akan mengalami peradangan akut yang biasanya bersifat sementara. Namun, peradangan kronis adalah kondisi yang berbeda. Peradangan kronis adalah peradangan jangka panjang yang dapat memicu berbagai penyakit serius seperti stroke, penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Menurut penelitian, lebih dari 50% kematian di seluruh dunia terkait dengan penyakit yang disebabkan oleh peradangan kronis.

Mengatasi peradangan kronis sangat penting untuk kesehatan. Untungnya, gaya hidup sehat dapat membantu mengurangi peradangan, termasuk tidur yang cukup, mengelola stres, dan mengonsumsi makanan anti-inflamasi. Sebagai ahli diet, saya selalu menyarankan untuk memulai dengan langkah kecil dan sederhana, seperti menambahkan teh anti-inflamasi ke dalam rutinitas harian Anda.

Teh Jahe: Pilihan Terbaik untuk Menurunkan Peradangan

Teh jahe menempati urutan teratas sebagai teh terbaik untuk mengurangi peradangan. Teh ini tidak hanya menawarkan rasa yang kuat dan aroma yang menyegarkan, tetapi juga kaya akan senyawa antioksidan dan anti-inflamasi. Jahe, yang sebenarnya merupakan rimpang atau batang bawah tanah, mengandung senyawa bioaktif seperti gingerol dan shogaol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa ini dapat memperkuat sistem pertahanan antioksidan tubuh dan menetralisir molekul berbahaya yang dapat menyebabkan peradangan. Jahe juga efektif dalam mengurangi gejala peradangan seperti nyeri, demam, dan pembengkakan. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa jahe bisa seefektif ibuprofen dalam meredakan nyeri.

Selain itu, jahe telah terbukti berperan dalam pengelolaan berbagai kondisi peradangan seperti arthritis rheumatoid, kanker, psoriasis, lupus, dan penyakit usus. Suplementasi jahe juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh serta menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, yang semuanya merupakan faktor risiko peradangan.

Cara Memasukkan Teh Jahe ke dalam Pola Makan

Menikmati teh jahe untuk manfaat anti-inflamasinya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Jika Anda memiliki jahe segar, Anda bisa memotong sepotong sebesar ibu jari dan merebusnya dalam air selama sekitar 15 menit untuk membuat Teh Jahe-Lemon yang menenangkan. Jika menggunakan teh jahe dalam bentuk kantong atau daun lepas, rendam dalam air panas selama 3 hingga 5 menit. Untuk variasi rasa, tambahkan perasan lemon segar, sedikit madu, atau jus jeruk.

Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan teh jahe dingin ke dalam smoothie atau mocktail. Teh jahe tidak mengandung kafein, sehingga aman dikonsumsi kapan saja dan juga membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

Kesimpulan

Senyawa antioksidan kuat dalam jahe dapat melawan peradangan, mengurangi risiko penyakit kronis, dan membantu mengatasi kondisi peradangan tertentu. Baik dinikmati dalam keadaan panas, dingin, atau dicampur dalam minuman lain, teh jahe adalah pilihan lezat untuk meredakan peradangan secara alami. Itulah mengapa teh jahe kami beri peringkat sebagai teh terbaik untuk menurunkan peradangan. 

(nh)






Source: 1
close