Iklan

Sabtu, 29 Juni 2024, 10:24 WIB
Last Updated 2024-06-29T03:24:17Z
Regionalsumenep

Transformasi Digital Pendidikan: Dinas Pendidikan Sumenep Gelar Advokasi Optimalisasi Chromebook

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Transformasi Digital Pendidikan: Dinas Pendidikan Gelar Advokasi Optimalisasi Chromebook


Langgampos.com - Pemerintah Kabupaten Sumenep telah mengambil langkah maju dalam meningkatkan sektor pendidikan dengan menggelar advokasi untuk optimalisasi penggunaan Chromebook tahun 2024.

Langkah ini diimplementasikan melalui Dinas Pendidikan Sumenep, tujuan utama program tersebut adlaah mengenalkan dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran.

Advokasi ini mengundang partisipasi sekitar 20 tenaga pendidik dari berbagai tingkatan pendidikan, termasuk guru TK, SD, SMP, SLB, dan SMA. Ardiansyah Ali Shochibi, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Sumenep, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong transformasi digital di lingkungan pendidikan daerah.

"Ini adalah langkah awal dalam proses transformasi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih inovatif, kreatif, dan interaktif sesuai dengan tuntutan zaman," ujarnya dalam wawancara dengan JPRM pada Jumat (28/6).

Lebih lanjut, Ardi menyampaikan harapannya agar para peserta advokasi ini dapat mengimplementasikan aplikasi pembelajaran yang telah mereka pelajari, sehingga manfaat dari transformasi digital ini dapat dirasakan secara nyata dan positif di sekolah-sekolah.

Proses advokasi ini juga didukung oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Jawa Timur serta melibatkan narasumber dari Co-Captain belajar.id. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan dukungan dan bimbingan khusus dalam penerapan praktik pembelajaran di antara sekolah-sekolah.

Langkah ini sejalan dengan inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pasca peluncuran kebijakan untuk pengadaan dan optimalisasi pemanfaatan Chromebook dan platform belajar.id. Ini menunjukkan komitmen Pemkab Sumenep dalam menghadirkan pendidikan yang lebih modern dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Upaya ini bukan hanya sebagai langkah strategis dalam mendigitalisasi pendidikan, tetapi juga sebagai bentuk nyata dari komitmen untuk memajukan mutu pendidikan di Sumenep. Transformasi digital ini diharapkan dapat menjadi tonggak penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan adaptif bagi generasi muda Sumenep.


(as)


Source: 1
close