Iklan

Kamis, 13 Juni 2024, 14:21 WIB
Last Updated 2024-06-13T07:40:24Z
hut kemerdekaanhut riiknjakartaNews

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Akan Digelar di IKN dan Jakarta

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79 Akan Digelar di IKN dan Jakarta


Langgampos.com - Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79, acara ini memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa. Awalnya, terdapat perdebatan mengenai lokasi penyelenggaraan, dengan beberapa pihak mendukung pelaksanaan di ibu kota baru, IKN, di Kalimantan. Namun, pembaruan terbaru mengungkapkan bahwa upacara tersebut akan diadakan secara ganda, di IKN dan Jakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan dukungannya untuk mengadakan upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79 di Jakarta dan IKN, tidak hanya di satu tempat. Menurutnya, hal ini dipertimbangkan karena ibu kota saat ini sedang dalam masa transisi pemindahan.

"Tidak, ini adalah masa transisi, masa transisi dari Jakarta ke IKN Nusantara. Sehingga terlihat ada perjalanan menuju pemindahan. Jadi, tetap dilaksanakan di sini, tetap dilaksanakan di sana," kata Jokowi, seperti dilaporkan oleh CNBC Indonesia.

Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, mengonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan memimpin upacara di IKN Kalimantan.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memimpin upacara kemerdekaan di Jakarta, yang akan diikuti oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Kedua lokasi, IKN dan Jakarta, akan mengikuti program yang sama, termasuk pengibaran bendera Indonesia secara serentak.

Sebelumnya, media nasional dan asing menyoroti pengunduran diri Bambang Susantono dari posisi Kepala Otorita IKN. Apakah kedua hal ini terkait?

Kepala Otorita IKN yang baru, Basuki Hadimuljono, menepis anggapan tersebut. Basuki memastikan bahwa persiapan untuk upacara masih berjalan sesuai rencana, dengan simulasi yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ada juga isu apakah mantan presiden seperti Megawati dan SBY akan diundang ke IKN untuk menghadiri upacara kemerdekaan. Direncanakan bahwa beberapa tokoh nasional juga akan diundang untuk berpartisipasi dalam upacara kemerdekaan tersebut.

Namun, Muhadjir menyatakan bahwa daftar resmi tokoh yang akan diundang untuk menghadiri upacara tersebut belum dirilis.

Upacara di IKN akan dipimpin oleh Wishnutama, mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Wishnutama bertanggung jawab atas desain panggung, tenda, dan susunan acara untuk memastikan upacara berjalan lancar dan sesuai standar tinggi.

Keputusan untuk mengadakan upacara di dua lokasi ini mencerminkan semangat kebangsaan yang kuat dan menunjukkan bahwa Indonesia tengah bersiap untuk masa depan dengan pemindahan ibu kota. Persiapan yang matang diharapkan dapat menghadirkan upacara yang khidmat dan mengesankan, mencerminkan perjalanan bangsa yang tengah bergerak menuju perubahan yang besar.

Dengan pelaksanaan di dua tempat, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia, baik yang berada di Jakarta maupun IKN, dapat merasakan semangat kemerdekaan yang sama. Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 ini diharapkan menjadi momen yang menyatukan bangsa dan memperkuat tekad untuk terus maju.

(mn)



Source: 1
close