Iklan

Minggu, 02 Juni 2024, 07.11 WIB
Last Updated 2024-06-02T00:11:34Z
fitur baruTeknowhatsapp

WhatsApp Telah Hadirkan 11 Fitur Baru Selama Bulan Mei 2024

Baca Juga
Advertisement
WhatsApp Telah Hadirkan 11 Fitur Baru Selama Bulan Mei 2024



Langgampos.com - WhatsApp terus berinovasi untuk memberikan pengalaman terbaik kepada penggunanya. Bulan Mei 2024 tidak terkecuali, dengan sejumlah pembaruan pada versi stabil dan uji coba fitur baru di versi beta. Berikut adalah 11 fitur terbaru yang diperkenalkan WhatsApp di bulan ini:

Pembaruan di Versi Stabil

WhatsApp memperkenalkan beberapa perubahan pada antarmuka pengguna di versi Play Store. Warna hijau tua yang khas kini digantikan dengan palet warna yang lebih cerah. Perubahan ini mencakup bilah pencarian yang lebih menonjol, tombol aksi melayang berbentuk persegi, dan bilah navigasi bawah dengan empat tab yang memiliki lebar sama.

Selain itu, latar belakang chat default kini dihiasi dengan bentuk-bentuk baru yang disebut doodle. Fitur-fitur baru ini dirancang untuk memodernisasi tampilan aplikasi tanpa mengurangi kesederhanaannya.

Durasi pesan suara yang bisa dibagikan sebagai status kini juga diperpanjang. Pengguna bisa menyampaikan pesan dengan lebih ringkas dalam satu pesan suara panjang. Batas jumlah pesan yang bisa dipin di tiap chat juga ditingkatkan dari satu menjadi tiga. Namun, pesan yang dipin hanya bersifat sementara. Jika ingin menyimpan pesan penting untuk waktu lama, pengguna disarankan menggunakan fitur bintang.

Peningkatan pada Fitur Media

Sebelumnya, pesan yang dipin berupa media hanya menampilkan label "Gambar" atau "Video". Sekarang, uji coba beta menambahkan pratinjau thumbnail sehingga pengguna bisa melihat isi media tanpa harus membukanya.

Pratinjau thumbnail juga diperkenalkan pada pembaruan status, mirip dengan tampilan di Snapchat. Pratinjau ini berbentuk persegi panjang dan menggantikan tampilan gambar profil bulat yang lama.

Alat Pengeditan Baru di Beta

WhatsApp juga menghadirkan alat pengeditan baru untuk gambar dan anotasi. Pengguna kini bisa memilih ketebalan garis untuk alat kuas dan menggunakan kuas khusus untuk mengaburkan detail rahasia. Selain itu, palet warna dengan 24 pilihan warna menggantikan pemilih warna geser yang sebelumnya ada di sudut kanan atas antarmuka.

Akses Emoji yang Lebih Mudah

Reaksi emoji pada teks dan media kini lebih mudah diakses dengan tombol khusus di samping kotak komposisi pesan saat melihat media dalam layar penuh. Ini mengurangi jumlah ketukan layar dan gerakan tekan lama yang diperlukan untuk membuka tray reaksi emoji.

Integrasi AI untuk Foto Profil

WhatsApp juga bereksperimen dengan layanan AI untuk foto profil. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat gambar pribadi tanpa harus mengunggah foto mereka sendiri, mirip dengan cara kerja generator stiker khusus.

Manajemen Unduhan yang Lebih Efisien

WhatsApp sedang mengembangkan opsi "Kelola unduhan" yang dapat membersihkan unduhan lama dan tidak diinginkan, seperti pesan suara dan transkrip, dengan cepat. Fitur ini akan menambah alat pembersihan yang sudah ada di WhatsApp.

Pembaruan Notifikasi

Pengguna WhatsApp beta kini bisa menikmati pengaturan baru di bagian notifikasi. Tombol on/off baru bisa secara otomatis membersihkan notifikasi pesan yang belum dibaca begitu aplikasi dibuka, mengurangi kerepotan menandai setiap chat sebagai sudah dibaca.

Keamanan Obrolan yang Diperkuat

Pembaruan beta bulan ini juga memastikan obrolan yang terkunci di perangkat utama tidak bisa diakses melalui perangkat lain yang ditautkan. Fitur ini menutup celah keamanan yang memungkinkan obrolan rahasia terbuka jika akun ditautkan ke perangkat kedua.

Manajemen Saluran yang Lebih Mudah

Pengelolaan saluran siaran kini bisa dilakukan dari perangkat yang ditautkan, memberikan kemudahan bagi administrator untuk mengelola saluran mereka dari mana saja.

Fitur Baru untuk Saluran

Saluran menjadi fokus utama dengan tiga pembaruan berbeda bulan ini. WhatsApp memperkenalkan carousel baru di bawah daftar saluran yang diikuti, memudahkan pengguna menemukan kreator populer lainnya. Menu untuk membuat saluran baru juga dipindahkan ke menu overflow di bilah atas, dan kategori saluran ditambahkan sebagai tombol berbentuk pil di bawah bilah pencarian WhatsApp.

Fitur Event Komunitas

Fitur manajemen acara komunitas kini telah diumumkan secara resmi. Admin komunitas bisa mengatur acara virtual yang melibatkan semua anggota komunitas melalui panggilan suara atau video pada tanggal dan waktu yang ditentukan. Fitur ini memungkinkan anggota untuk mengonfirmasi kehadiran, melihat informasi acara, dan menerima notifikasi saat acara akan dimulai.

Dengan semua pembaruan ini, WhatsApp semakin memperkokoh posisinya sebagai aplikasi pesan instan terdepan, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih aman.

(as)
close