Iklan

Minggu, 07 Juli 2024, 21:39 WIB
Last Updated 2024-07-07T14:39:58Z
Foodmultivitamin

Apakah Multivitamin Membantu Anda Hidup Lebih Sehat dan Lebih Lama? Begini Kata Hasil Penelitian Terbaru

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Apakah Multivitamin Membantu Anda Hidup Lebih Sehat dan Lebih Lama? Begini Kata Hasil Penelitian Terbaru

Langgampos.com - Banyak orang mengandalkan multivitamin untuk mengisi kekurangan nutrisi dalam pola makan mereka, sekitar 1 dari 3 orang dewasa di Amerika Serikat. Meskipun multivitamin dapat membantu menunda penurunan kognitif dan meningkatkan fungsi otak pada orang tua, banyak yang mengonsumsi multivitamin dengan harapan akan hidup lebih sehat dan lebih lama. Tapi, apakah itu benar-benar membantu?

Para peneliti dari National Institutes of Health juga ingin tahu jawabannya. Berikut temuan mereka dari studi yang diterbitkan pada 26 Juni 2024 di JAMA Network Open.

Bagaimana Penelitian Ini Dilakukan dan Apa Hasilnya?

Para peneliti menggunakan data dari tiga studi kohort besar di AS: National Institutes of Health-AARP Diet and Health Study (NIH-AARP); Prostate, Lung Colorectal and Ovarian Cancer (PLCO) Screening Trial; dan Agricultural Health Study (AHS). Totalnya ada 390.124 peserta, sekitar 55% laki-laki dan 45% perempuan, dengan usia rata-rata sekitar 62 tahun.

Peserta berada dalam kondisi sehat tanpa riwayat penyakit kronis utama pada awal studi dan diikuti hingga 27 tahun. Selama periode tersebut, 164.762 peserta meninggal—49.836 karena kanker, 35.060 karena penyakit jantung, dan 9.275 karena penyakit serebrovaskular.

Selain pertanyaan tentang penggunaan multivitamin, usia, dan jenis kelamin, peserta juga menjawab pertanyaan tentang ras dan etnis, tingkat pendidikan, status merokok, BMI, status pernikahan, tingkat aktivitas fisik, konsumsi alkohol, konsumsi kopi, pola makan, penggunaan suplemen individu lainnya, dan riwayat keluarga terhadap kanker.

Setelah beberapa analisis statistik dilakukan, termasuk sebelum dan sesudah penyesuaian variabel demografis (pengganggu), para peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan multivitamin harian tidak terkait dengan peningkatan usia harapan hidup. Dengan kata lain, mengonsumsi multivitamin tidak akan membantu Anda hidup lebih lama.

Menariknya, selama 12 tahun pertama masa tindak lanjut, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi multivitamin, mereka yang mengonsumsi multivitamin sebenarnya memiliki peningkatan risiko kematian sebesar 4%. Namun, risiko itu hilang selama 15 tahun terakhir masa tindak lanjut.

Bagaimana Ini Berlaku dalam Kehidupan Nyata?

Meskipun penelitian ini tidak menemukan bahwa Anda dapat menambah usia harapan hidup dengan mengonsumsi multivitamin, multivitamin dapat memberikan beberapa efek positif pada kesehatan otak. Orang yang kesulitan makan cukup atau menyerap nutrisi dengan baik mungkin juga mendapatkan manfaat dari mengonsumsi multivitamin. Beberapa tanda bahwa Anda mungkin membutuhkannya termasuk kesehatan kuku yang buruk, penglihatan malam yang terganggu, sudut mulut yang retak, dan mudah memar.

Dan jika Anda hanya ingin memastikan Anda tercukupi, tidak apa-apa juga untuk mengonsumsinya. Ingatlah bahwa multivitamin dimaksudkan untuk melengkapi pola makan seimbang, bukan menggantikannya. Konsumsi hanya dosis yang direkomendasikan karena mudah untuk berlebihan dalam mengonsumsi vitamin dan mineral. Seiring waktu, jika vitamin dan mineral menumpuk di tubuh Anda, ini bisa menyebabkan toksisitas—terutama vitamin yang larut dalam lemak seperti A, D, E, dan K, serta kalsium dan zat besi.

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsi multivitamin, pilihlah yang telah diuji oleh pihak ketiga untuk memastikan apa yang tertulis di label adalah apa yang Anda dapatkan. Beberapa tanda persetujuan yang perlu dicari termasuk Consumer Lab, NSF International, dan US Pharmacopeia (USP).

Kesimpulan

Meskipun secara rutin mengonsumsi multivitamin mungkin tidak membantu Anda hidup lebih lama, kemungkinan tidak ada salahnya untuk mengonsumsi satu untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan otak dan tubuh secara keseluruhan. 

Kami merekomendasikan untuk berdiskusi dengan praktisi kesehatan atau ahli gizi terdaftar terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mengonsumsi multivitamin tepat untuk Anda. 

Jika Anda memutuskan untuk mengonsumsinya, pilihlah yang telah diuji oleh pihak ketiga. Dan yang terpenting, jalani kebiasaan sehat dan selalu tersenyum.

(nh)
close