Iklan

Senin, 08 Juli 2024, 20:53 WIB
Last Updated 2024-07-08T13:54:10Z
jakartaNasionalNews

Jokowi Tekankan Pentingnya Melanjutkan Reformasi Struktural untuk Pemerintahan yang Efisien

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
#Jokowi #ReformasiStruktural #PemerintahanEfisien #LHP_LKPP2023 #Deregulasi #Debirokratisasi #EfektivitasPemerintahan #SinkronisasiRegulasi #PenyederhanaanProsedur #PelayananPublik #IndonesiaMaju #Transparansi #Akuntabilitas #PemerintahanBerorientasiHasil


Langgampos.com - Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya melanjutkan reformasi struktural guna memastikan pemerintahan tetap efisien dan berorientasi pada hasil. Pernyataan ini disampaikan Presiden Jokowi saat menyerahkan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat 2023 (LHP LKPP) di Jakarta, Senin (8/7/2024).

"Saya berharap reformasi struktural yang sudah berjalan ini penting untuk dilanjutkan. Lanjutkan sinkronisasi regulasi dan penyederhanaan prosedur, sehingga pemerintahan berjalan lebih efektif dan efisien serta berorientasi pada hasil, bukan prosedur," ujar Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mencatat bahwa deregulasi dan debirokratisasi telah dilakukan secara luas. Namun, masih ditemukan regulasi yang tidak sinkron dan birokrasi yang rumit.

"Izin diganti dengan pertimbangan, izin diganti dengan rekomendasi. Ini sama saja. Sulit mengaturnya baik di tingkat pusat maupun di daerah," tuturnya.

Presiden menekankan bahwa hal-hal semacam itu mudah disalahkan selama investigasi dan menjadi sumber ketakutan bagi pejabat pemerintah. Oleh karena itu, ia menyerukan kepada seluruh jajaran untuk melanjutkan reformasi struktural.

Melanjutkan reformasi struktural ini dianggap Presiden Jokowi sebagai langkah penting untuk memperbaiki kinerja pemerintahan. Ia menilai bahwa prosedur yang berbelit-belit dan regulasi yang tumpang tindih tidak hanya menghambat efisiensi, tetapi juga menghalangi inovasi dan inisiatif di berbagai sektor pemerintahan.

"Saya ingin semua pihak memahami bahwa kita perlu berubah dan beradaptasi dengan cepat. Reformasi struktural ini bukan hanya tentang menghapus aturan yang tidak perlu, tetapi juga tentang membangun sistem yang lebih baik yang mendukung kemajuan dan pembangunan," kata Presiden Jokowi.

Dengan adanya reformasi struktural yang berkelanjutan, diharapkan birokrasi pemerintahan dapat lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan tantangan global yang terus berkembang. Presiden Jokowi mengajak seluruh pejabat pemerintahan untuk bekerja sama dalam mengimplementasikan reformasi ini, demi mencapai pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, dan efisien.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga menyoroti pentingnya pemantauan dan evaluasi berkelanjutan terhadap pelaksanaan reformasi struktural. Ia menegaskan bahwa setiap kebijakan dan perubahan yang dilakukan harus didasarkan pada data dan analisis yang akurat, serta harus terus dievaluasi untuk memastikan efektivitasnya.

"Kita harus terus memantau dan mengevaluasi setiap langkah yang kita ambil. Hasil yang kita inginkan adalah pemerintahan yang benar-benar melayani masyarakat dengan baik, cepat, dan tepat," pungkas Presiden Jokowi.

Dengan demikian, langkah-langkah reformasi struktural yang telah dan akan dijalankan diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi pemerintahan Indonesia, menjadikannya lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.



(mn)










close