Iklan

Sabtu, 06 Juli 2024, 21:45 WIB
Last Updated 2024-07-06T14:45:48Z
Khazanah

Malam 1 Muharram: Sambut Tahun Baru 1446 Hijriah dengan Doa dan Amalan

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Malam 1 Muharram: Sambut Tahun Baru 1446 Hijriah dengan Doa dan Amalan


Langgampos.com - Malam 1 Muharram adalah momen penting dalam kalender Hijriah, menandai awal tahun baru Islam. Pada tahun ini, malam 1 Muharram jatuh pada Sabtu, 6 Juli 2024. Bagi umat Islam, malam ini adalah waktu yang penuh makna dan harapan, di mana berbagai amalan dan doa dilakukan untuk menyambut tahun baru dengan penuh berkah.

Amalan-amalan Malam 1 Muharram

1. Membaca Doa Awal Tahun

Doa awal tahun adalah salah satu amalan yang sering dilakukan pada malam 1 Muharram. Meskipun tidak ada dalil khusus dari Al-Qur'an atau hadis yang mewajibkan doa ini, banyak ulama menyarankan untuk membacanya sebagai bagian dari doa secara umum. Doa ini memohon perlindungan dari godaan setan dan meminta bimbingan Allah SWT agar bisa menjalani tahun baru dengan lebih baik. Berikut adalah teks doa awal tahun:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Artinya: Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.


2. Memperbanyak Salat

Selain salat wajib, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak salat sunnah pada malam 1 Muharram, seperti salat tahajud dan salat sunnah sebelum salat wajib.


3. Melakukan Puasa Sunnah

Puasa pada hari pertama Muharram sangat dianjurkan, terutama pada hari Asyura (10 Muharram).

4. Menyambung Silaturahmi

Malam 1 Muharram adalah waktu yang baik untuk mempererat silaturahmi dengan keluarga, kerabat, dan tetangga. Menyambung silaturahmi adalah amalan yang mendatangkan rahmat Allah SWT.

5. Bersedekah

Bersedekah kepada fakir miskin, anak yatim, dan kaum duafa pada malam ini adalah amalan yang mulia dan membawa banyak manfaat.

6. Memohon Ampun dan Berzikir

Memohon ampun kepada Allah SWT dan memperbanyak zikir adalah bagian penting dari amalan malam 1 Muharram, sebagaimana yang dianjurkan dalam Surah Al-Azhab ayat 41-42.

7. Menjenguk Orang Sakit

Menjenguk orang sakit pada malam 1 Muharram adalah salah satu sunnah Nabi yang sangat dianjurkan, dengan tetap memperhatikan etika saat menjenguk.

8. Memotong Kuku

Memotong kuku dan menjaga kebersihan diri adalah amalan sunnah yang dianjurkan pada malam 1 Muharram.

9. Membaca Al-Qur'an

Membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur'an, terutama surat-surat yang memiliki keutamaan khusus, seperti Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas, adalah amalan yang sangat dianjurkan.

Dengan melaksanakan berbagai amalan ini, umat Islam dapat menyambut tahun baru Hijriah dengan penuh keberkahan dan harapan untuk tahun yang lebih baik.


(mn)
close