Iklan

Sabtu, 06 Juli 2024, 21:19 WIB
Last Updated 2024-07-06T14:57:58Z
NasionalNews

Menteri Agama Ajak Muslim Indonesia Refleksi Diri di Tahun Baru Islam 1446 H

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Menteri Agama Ajak Muslim Indonesia Refleksi Diri di Tahun Baru Islam 1446 H


Langgampos.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau seluruh umat Muslim di Indonesia untuk menandai Tahun Baru Islam 1446 Hijriah dengan refleksi diri dan perbaikan diri.

Kalender Islam, juga dikenal sebagai kalender Hijriah, didirikan pada tahun 622 M untuk memperingati Hijrah—perpindahan Nabi Muhammad dan para pengikutnya dari Mekah ke Madinah.

"Dalam momen yang berharga ini, mari kita semua memperkuat rasa syukur kita kepada Allah atas nikmat-Nya yang tak terhingga. Biarlah Hijrah menginspirasi kita untuk terus memperbaiki diri dan memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan agama kita," kata Qoumas dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.


Qoumas menekankan bahwa Hijrah tidak hanya dilihat sebagai perpindahan fisik antar kota. Peristiwa penting ini juga mewakili perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan dalam mencari ridha Allah.

Dia mendorong umat Muslim untuk belajar dari kesabaran dan ketulusan Nabi Muhammad. Meskipun menghadapi tantangan dan rintangan yang signifikan, Nabi berhasil membangun komunitas yang adil dan makmur di Madinah.

Qoumas menyoroti bagaimana ketekunan Nabi Muhammad menginspirasi ulama Indonesia untuk aktif berpartisipasi dalam perjuangan kemerdekaan dan kemajuan nasional.

Ia menyebutkan Hasyim Asy'ari dan Ahmad Dahlan sebagai contoh ulama yang mendedikasikan hidup mereka untuk menyebarkan ajaran Islam dan memajukan bangsa.

"Walaupun menghadapi berbagai rintangan, mereka berhasil membawa perubahan signifikan bagi umat Islam Indonesia dan bangsa ini, berkat ketekunan dan semangat yang luar biasa," ujarnya.

Ia mengungkapkan harapannya agar Tahun Baru Islam 1446 Hijriah membawa berkah, kedamaian, dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia.

"Mari kita sambut tahun baru ini dengan semangat yang diperbarui, harapan baru, dan komitmen yang kuat untuk menjadi versi diri kita yang lebih baik," ajaknya.


(mn)






close