Iklan

Rabu, 03 Juli 2024, 10:26 WIB
Last Updated 2024-07-03T03:26:33Z
NewsponorogoRegional

Ponorogo Resmi Miliki Perda Kawasan Tanpa Rokok

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Ponorogo Resmi Miliki Perda Kawasan Tanpa Rokok


Langgampos.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ponorogo resmi mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) setelah melalui proses panjang selama hampir dua tahun. Pengesahan ini dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, dan dihadiri oleh anggota DPRD serta kalangan eksekutif.

Ketua DPRD Kabupaten Ponorogo, Sunarto, menjelaskan bahwa proses pengesahan ini memakan waktu lama karena menunggu hasil fasilitasi dari Gubernur Jawa Timur. "Raperda ini merupakan yang paling lama prosesnya, hampir dua tahun. Ini karena menunggu hasil fasilitasi dari Gubernur Jawa Timur sekitar satu tahun," ujar Sunarto.

Perda ini mengatur kawasan-kawasan yang bebas asap rokok, namun penentuan spesifik lokasinya akan diatur lebih lanjut dalam peraturan bupati (Perbup). Sunarto juga meminta bupati untuk membangun fasilitas khusus bagi para perokok sebagai bentuk akomodasi kebutuhan mereka.

"Mana saja tempat yang diputuskan sebagai kawasan tanpa rokok, ya tetap menunggu peraturan bupati (Perbup)," tambahnya.

Bupati Sugiri Sancoko mengapresiasi pengesahan perda ini dan berkomitmen untuk segera menyusun Perbup yang mengatur rincian tempat-tempat bebas asap rokok serta sanksi bagi pelanggar. "Nanti Perbup akan segera kami buat, termasuk rincian tempat-tempat yang dilarang termasuk dengan sanksi yang diberikan bagi pelanggar," jelas Sugiri.

Sugiri juga menegaskan pentingnya menyediakan ruang bagi para perokok. "Perokok tidak boleh termarjinalkan karena bayar pajak melalui pita cukai, kita harus fasilitasi, dana DBHCHT juga berdampak pada pembangunan daerah maupun bantuan bagi masyarakat," pungkasnya.

Pengesahan Perda KTR ini juga merupakan langkah untuk menjadikan Ponorogo sebagai kabupaten ramah anak, sesuai dengan amanat dari pemerintah pusat. Dengan adanya perda ini, diharapkan kualitas udara di Ponorogo semakin baik dan kesehatan masyarakat meningkat.


(mn)
close