Iklan

Minggu, 07 Juli 2024, 19:26 WIB
Last Updated 2024-07-07T12:26:54Z
malangNewsRegional

Semarak Gerak Jalan Sarung Peringati Tahun Baru Islam 1446 Hijriah di Malang

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
#GerakJalanSarung #TahunBaruIslam1446Hijriah #Malang #Peringatan1Muharram #KecamatanGondanglegi #BupatiMalangHMSanusi #STIEWidyaDharmaAlRifai’e #PondokPesantrenAlRifai’e #AcaraIslami #KesehatandanKebersamaan #Doorprize #PendidikanIslami #SemangatKebersamaan #TradisiIslami #RefleksiDiri


Langgampos.com - Ribuan masyarakat, para tokoh, santri, dan santriwati tumpah ruah di Jalan Raya Ketawang – Banyulegi, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Mereka berpartisipasi dalam Gerak Jalan Sarungan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram. Kegiatan ini berlangsung meriah pada Minggu pagi, dengan peserta yang berjalan hingga finis di Kampus STIE Widya Dharma Al Rifai’e.

Bupati Malang, HM Sanusi, turut hadir dalam acara tersebut. Beliau menyampaikan apresiasinya kepada panitia dan seluruh pihak yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan sangat baik. "Saya ucapkan terima kasih kepada panitia dan segenap pihak yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan begitu luar biasa. Saya yakin warga Gondanglegi adalah masyarakat yang punya semangat tinggi untuk sehat. Pagi ini terlihat sekali semangatnya untuk ikut jalan sehat," kata Sanusi sebelum memberangkatkan para peserta.

Sanusi juga mengajak seluruh peserta Gerak Jalan Sarungan untuk merefleksikan momentum 1 Muharram sebagai ajang muhasabah bagi umat Muslim. "Semoga di tahun-tahun selanjutnya kita semua termasuk para santri Ponpes Al Rifai’e senantiasa dikaruniai kesehatan dan kemudahan dalam menuntut ilmu yang bermanfaat. Karena di dalam tubuh yang sehat terdapat akal yang juga sehat," tegas Sanusi.

Acara ini tidak hanya sekadar gerak jalan, tetapi juga memberikan hiburan dan hadiah menarik kepada para peserta. Bupati Sanusi berkesempatan menyerahkan doorprize hadiah utama kepada beberapa peserta beruntung. Kegiatan ini semakin menguatkan ikatan kebersamaan dan semangat masyarakat Gondanglegi dalam merayakan Tahun Baru Islam.

Pondok Pesantren Al Rifai’e, sebagai salah satu lembaga pendidikan Islami unggulan di Kabupaten Malang, turut berperan penting dalam kegiatan ini. Bupati Malang menyebut bahwa pondok pesantren tersebut telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan dunia pendidikan di Bumi Kanjuruhan. "Santri-santri Al Rifai’e nanti juga harus berkuliah di sini, di STIE Widya Dharma, supaya menjadi sumber daya manusia yang unggul dan berprestasi," tambah Sanusi.

Dengan adanya peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan melalui STIE Widya Dharma Al Rifai’e, Bupati Sanusi berharap akan lahir pemimpin-pemimpin terbaik dari Kabupaten Malang. "Kalau bisa nanti ada yang jadi bupati, ada yang jadi petinggi TNI, Polri, dan pemimpin hebat lainnya yang bisa turut melanjutkan pembangunan dan membawa Kabupaten Malang menjadi semakin maju di masa yang akan datang," pungkasnya.

Gerak Jalan Sarungan ini menjadi bukti nyata betapa kuatnya semangat kebersamaan dan keinginan untuk hidup sehat di kalangan masyarakat Malang. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat hubungan antarwarga, serta memupuk rasa cinta terhadap budaya dan tradisi Islami. Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan acara serupa dapat terus dilaksanakan di masa mendatang, membawa manfaat bagi semua kalangan.

Kemeriahan dan semangat yang tercipta dalam Gerak Jalan Sarungan ini menunjukkan bahwa peringatan Tahun Baru Islam dapat dirayakan dengan cara yang menyenangkan dan bermanfaat. Tidak hanya sebagai ajang olahraga, tetapi juga sebagai sarana refleksi diri dan peningkatan kualitas hidup, baik secara jasmani maupun rohani.



(as)


close