Iklan

Rabu, 03 Juli 2024, 13:33 WIB
Last Updated 2024-07-03T06:33:38Z
NewsRegionalsurabaya

Strategi Efektif Pj Gubernur Jatim Turunkan Kemiskinan

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Strategi Efektif Pj Gubernur Jatim Turunkan Kemiskinan


Langgampos.com - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, memaparkan tiga strategi efektif yang diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim dalam menurunkan angka kemiskinan.

Pada Maret 2024, jumlah penduduk miskin di Jawa Timur tercatat sebanyak 3,98 juta orang, berkurang 0,2 juta orang atau 0,56 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi hanya 9,76 persen dari total penduduk.

Dalam konferensi pers Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim di Surabaya pada Senin, Adhy menjelaskan bahwa strategi pertama adalah memenuhi kebutuhan dasar penduduk miskin. 

Program ini mencakup penyediaan makanan melalui Program Keluarga Harapan (PKH), pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Strategi kedua adalah meningkatkan penghasilan keluarga miskin. Pemprov Jatim menyediakan pemberdayaan ekonomi, kewirausahaan, akses modal, serta dana bergulir untuk subsidi kredit. 

Selain itu, pelatihan diberikan kepada masyarakat yang rawan secara ekonomi serta warga dengan kondisi kecacatan medis dan lanjut usia, agar mereka bisa mandiri dalam meningkatkan penghasilannya.

Strategi ketiga berfokus pada pengurangan kantong-kantong kemiskinan bersama PU Cipta Karya. Salah satu indikatornya adalah perbaikan lingkungan dan perumahan, dengan melakukan rehabilitasi rumah tidak layak huni dan kawasan kumuh.

"Kami tidak hanya menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit bulan ini, tetapi juga berkomitmen untuk menghilangkan kemiskinan ekstrem pada akhir 2024," kata Adhy. 


Strategi-strategi ini terbukti efektif dalam membantu masyarakat miskin di Jawa Timur, dan Pemprov Jatim terus berupaya memperbaiki kesejahteraan warga melalui program-program tersebut.

(mn)
close