Iklan

Rabu, 10 Juli 2024, 21:05 WIB
Last Updated 2024-07-10T14:06:10Z
EdukasiNewsnikah kuasyarat nikah

Wajib Tahu! Inilah Syarat Daftar Nikah ke KUA Tahun 2024

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Wajib Tahu! Inilah Syarat Daftar Nikah ke KUA Tahun 2024


Langgampos.com - Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri yang bertujuan untuk membentuk keluarga yang bahagia dan sejahtera. Selain sebagai langkah penting dalam kehidupan, pernikahan juga memiliki nilai ibadah kepada Allah SWT. Di Indonesia, pernikahan resmi dan sah di mata hukum diatur dan diawasi oleh Kantor Urusan Agama (KUA). Bagi calon pasangan suami istri (pasutri) yang ingin melangsungkan pernikahan, mengetahui syarat dan ketentuan pendaftaran nikah ke KUA adalah hal yang sangat penting.

Syarat Dokumen yang Harus Disiapkan

Berdasarkan informasi dari laman Kementerian Agama dan situs Indonesiabaik.id, berikut adalah syarat-syarat dokumen yang perlu dipersiapkan oleh calon pengantin untuk mendaftar nikah ke KUA:
  1. N1 - Surat Pengantar Nikah: Surat ini dapat diperoleh dari Kelurahan atau Desa tempat calon pengantin tinggal.
  2. N3 - Surat Persetujuan Mempelai: Surat ini menyatakan persetujuan dari kedua calon mempelai untuk melangsungkan pernikahan.
  3. N5 - Surat Izin Orang Tua: Dibutuhkan jika salah satu atau kedua calon pengantin berusia di bawah 21 tahun.
  4. Surat Izin Tertentu: Misalnya, bagi calon pengantin yang berstatus TNI atau POLRI, diperlukan surat izin dari komandan.
  5. Surat Akta Cerai: Diperlukan bagi calon pengantin yang sebelumnya pernah bercerai.
  6. Surat Akta Kematian: Dibutuhkan jika salah satu calon pengantin berstatus duda atau janda karena ditinggal mati.
  7. Izin atau Dispensasi dari Pengadilan Agama: Diperlukan dalam beberapa kondisi, seperti:
  • Calon suami berusia kurang dari 19 tahun.
  • Calon istri berusia kurang dari 19 tahun.
  • Pernikahan poligami.
  • Pernikahan dengan warga negara asing (WNA) memerlukan izin dari Kedutaan Besar.

8. Fotokopi Identitas Diri: KTP dari kedua calon pengantin.
9. Fotokopi Kartu Keluarga: Kartu Keluarga dari kedua calon pengantin.
10. Fotokopi Akta Lahir: Akta lahir dari kedua calon pengantin.
11. Surat Rekomendasi Nikah dari KUA Kecamatan: Jika pernikahan akan dilangsungkan di luar wilayah tempat tinggal salah satu atau kedua calon pengantin.
12. Pas Foto:
  • Ukuran 2 x 3 sebanyak 5 lembar (dengan softcopy).
  • Ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar (dengan softcopy).

Setelah semua dokumen lengkap, calon pengantin dapat mendaftarkan pernikahan mereka ke KUA setempat. Proses ini akan dilanjutkan dengan verifikasi dokumen oleh petugas KUA untuk memastikan keabsahan dan kelengkapan dokumen tersebut.

Biaya Pernikahan di KUA Tahun 2024

Melangsungkan akad nikah di kantor KUA tidak dikenakan biaya alias gratis. Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi calon pengantin yang ingin menghemat biaya pernikahan. Namun, jika calon pengantin memilih untuk melaksanakan akad nikah di luar kantor KUA, ada biaya yang harus diperhatikan. Biaya ini sebesar Rp 600.000,- yang harus ditransfer ke nomor rekening bank yang ditentukan sesuai dengan petunjuk dari pihak KUA.

Proses Pendaftaran dan Verifikasi

Proses pendaftaran nikah ke KUA dimulai dengan mengumpulkan semua dokumen yang diperlukan seperti yang telah disebutkan di atas. Setelah dokumen lengkap, calon pengantin dapat mendatangi kantor KUA sesuai dengan wilayah tempat tinggal mereka untuk mendaftar. Petugas KUA akan memeriksa dan memverifikasi dokumen yang telah diserahkan. Verifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua persyaratan telah dipenuhi dan tidak ada halangan bagi kedua calon mempelai untuk melangsungkan pernikahan.

Jika dokumen telah diverifikasi dan dinyatakan lengkap serta sah, KUA akan menentukan tanggal pelaksanaan akad nikah sesuai dengan permintaan calon pengantin atau sesuai dengan jadwal yang tersedia. Proses verifikasi ini penting untuk memastikan bahwa pernikahan yang akan dilangsungkan memenuhi semua ketentuan hukum yang berlaku dan tercatat dengan baik di administrasi negara.

Penutup

Mengetahui dan memenuhi syarat-syarat pendaftaran nikah ke KUA adalah langkah awal yang penting bagi setiap calon pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan secara resmi dan sah di Indonesia. Selain itu, dengan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, calon pengantin dapat memastikan bahwa pernikahan mereka tercatat secara resmi dan diakui oleh negara. Hal ini tidak hanya penting untuk kepentingan administrasi, tetapi juga untuk kepastian hukum dan perlindungan bagi kedua belah pihak dalam menjalani kehidupan rumah tangga di masa depan.

Oleh karena itu, bagi calon pasangan suami istri yang berencana untuk menikah di tahun 2024, persiapkanlah dokumen-dokumen yang diperlukan dengan baik dan ikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh KUA. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu dalam mempersiapkan pernikahan yang diimpikan.


(*)
close