Iklan

Selasa, 02 Juli 2024, 21:40 WIB
Last Updated 2024-07-03T03:18:30Z
bojonegoroNewsRegional

Workshop Kewirausahaan Muda Bojonegoro: 150 Pemuda Ikuti Pelatihan Penciptaan Lapangan Kerja

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
Workshop Kewirausahaan Muda Bojonegoro: 150 Pemuda Ikuti Pelatihan Penciptaan Lapangan Kerja


Langgampos.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mengadakan workshop kewirausahaan muda pemula untuk mempersiapkan para pemuda dalam menciptakan lapangan kerja sendiri. Acara yang berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (2-3 Juli 2024), diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari perwakilan 28 kecamatan serta pendaftar umum.

"Kami ingin mempersiapkan pemuda Bojonegoro untuk mengembangkan potensi diri menjadi wirausaha muda," kata Kepala Dispora Kabupaten Bojonegoro, Amir Syahid, di Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (2/7/2024).

Data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menunjukkan bahwa jumlah pemuda di wilayah Bojonegoro pada semester pertama tahun 2024 mencapai 279.031 orang, atau sekitar 21 persen dari total penduduk 1.356.057 jiwa. Selain itu, pada tahun 2023, terdapat 91.390 UMKM yang terdata oleh Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro, tersebar di 28 kecamatan.

Workshop ini mengusung tema "Set Up Your Mind and Goal to be Young Entrepreneur" (Mengatur Pola Pikir dan Tujuan Menjadi Wirausaha Muda). Amir berharap para peserta dapat menggali dan mengembangkan potensi diri untuk menjadi wirausaha muda yang kreatif dan inovatif. Selain itu, para peserta juga akan memahami pentingnya memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan legalitas usaha lainnya.

Pj Bupati Bojonegoro, Adriyanto, turut mengapresiasi kegiatan ini. "Menjadi wirausaha muda sangat penting, karena pengusaha dapat menjadi pondasi pembangunan. Selain menciptakan lapangan kerja, pengusaha muda juga dapat mengembangkan usaha dan melahirkan usaha-usaha baru," ujar Adriyanto.

Adriyanto menambahkan bahwa pengembangan usaha memerlukan jaringan agar dapat berkembang dengan cepat. "Melalui kegiatan ini, para wirausaha muda dapat membuat jejaring sosial, bersinergi dengan berbagai pihak, peka terhadap kebutuhan masyarakat, dan terus berinovasi untuk menghasilkan produk," tutupnya.

(mn)
close