Iklan

Jumat, 14 Juni 2024, 21:30 WIB
Last Updated 2024-06-19T06:11:54Z
Advertorialdprd sumenepketua dprd sumeneprapat paripurnarpjpd 2025-2045sumenep

DPRD Sumenep Tetap Semangat: Paripurna Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Mengenai RPJPD 2025-2045 Digelar

Baca Juga
Berita Viral Lainnya
DPRD Sumenep Tetap Semangat: Paripurna Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Mengenai RPJPD 2025-2045 Digelar



Langgampos.com - DPRD Kabupaten Sumenep terus menunjukkan semangat yang tinggi menjelang akhir masa jabatan 2019-2024. Pada rapat paripurna yang berlangsung di Ruang Paripurna DPRD pada pukul 10.00 WIB, hadir pimpinan dan anggota DPRD, Wakil Bupati Sumenep, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Agenda utama rapat tersebut adalah penyampaian jawaban Wakil Bupati Sumenep atas Pandangan Umum (PU) Fraksi-Fraksi mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

Wakil Bupati Sumenep memaparkan tujuh fokus utama sebagai tanggapan terhadap PU Fraksi-Fraksi yang menjadi perhatian pemerintah daerah dalam RPJPD tersebut.

1. Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Daratan dan Kepulauan

Pemerintah Kabupaten Sumenep berkomitmen mewujudkan pembangunan yang merata dan berkualitas, diukur melalui indeks infrastruktur dan indeks konektivitas. Langkah ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam memastikan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Sumenep.

2. Peningkatan Layanan di Bidang Pendidikan

Pemerintah Kabupaten bertekad menjamin akses pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya melalui wajib belajar 14 tahun tetapi juga dengan menyediakan akses ke pendidikan tinggi yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur juga dilakukan melalui pelatihan dan program pendidikan lanjutan.

3. Peningkatan Layanan di Bidang Kesehatan


Akses kesehatan menjadi prioritas utama selama 20 tahun ke depan, dengan fokus pada perbaikan layanan kesehatan di Puskesmas dan RSUD. Upaya ini termasuk peningkatan fasilitas, kualitas pelayanan, dan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat.

4. Penguatan Sektor Pertanian

Pemerintah Kabupaten Sumenep menekankan pentingnya penguatan sektor pertanian dengan membangun gudang penyimpanan bahan pokok untuk mengantisipasi musim ombak dan situasi darurat lainnya. Hal ini bertujuan untuk memastikan ketahanan pangan dan stabilitas harga.

5. Perlindungan dan Pemeliharaan Cagar Budaya


Komitmen pemerintah dalam pelestarian cagar budaya diwujudkan melalui berbagai program pelestarian dan pemanfaatan cagar budaya. Selain itu, penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dilakukan dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas produk unggulan agar mampu bersaing di tingkat regional, nasional, dan internasional.

6. Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK)

Dalam upaya menurunkan emisi gas rumah kaca menuju zero net emission, pemerintah kabupaten memulai dengan menciptakan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat. Pengembangan pengelolaan sampah dan penguatan penerapan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) menjadi langkah konkret untuk mencapai tujuan ini.

7. Target dan Capaian dalam RPJPD

Perencanaan dan penentuan target indikator dalam RPJPD disusun berdasarkan kondisi eksisting. Hal ini bertujuan memastikan bahwa setiap target yang ditetapkan realistis dan dapat dicapai sesuai dengan kondisi riil di lapangan.

Penyampaian jawaban oleh Wakil Bupati Sumenep ini merupakan langkah penting dalam proses penyusunan Raperda tentang RPJPD 2025-2045. Dengan tujuh fokus utama tersebut, pemerintah Kabupaten Sumenep berharap dapat mewujudkan pembangunan yang merata dan berkelanjutan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di seluruh wilayah kabupaten.

Rapat paripurna ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam merencanakan masa depan yang lebih baik untuk Sumenep, dengan fokus pada pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, pelestarian budaya, penurunan emisi, dan perencanaan yang matang dan terukur.


(mn)
close